Tue. May 24th, 2022

Di era modern ini, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan jika ingin mendapatkan dana tambahan saat ingin mengembangkan sebuah usaha. Dulu, orang-orang yang ingin meminjam uang hanya bisa melalui orang terdekat atau dengan meminjam dana melalui perbankan. Tapi saat ini, ada opsi alternatif dimana Anda bisa melakukan peminjaman dana melalui platform crowdfunding Indonesia.

Kepopuleran permodalan satu ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena ada banyak kemudahan yang akan dirasakan oleh para pengusaha begitupun Usaha Menengah, Kecil Dan Menengah yang ingin mendapatkan tambahan modal tanpa harus terbebani dengan hutang ataupun pembayaran bunga. Sistem permodalan yang seperti ini telah mendapatkan izin dan persetujuan OJK. Tapi Sebelum mencobanya, sebaiknya simak beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan saat menggunakan sistem permodalan crowdfunding’atau urun dana ini:

1. Investasi Lebih Praktis

Keuntungan pertama, kamu bisa berinvestasi dengan lebih praktis. Seperti yang kita tahu, jika investasi menggunakan sistem permodalan satu ini mempertemukan peminjam dana dan penggalan dana melalui online. Dan platform online ini juga sudah terbuka jadi semua pengusaha bisa mengaksesnya. Jika kamu ingin memberikan dana untuk para pelaku usaha startup dan UKM kamu bisa pilih jenis usahanya. Sehingga investasi yang kamu lakukan dapat berlangsung dengan praktis dan efisien.

2. Mendapatkan Keuntungan Berupa Saham

Kedua, kamu akan mendapatkan keuntungan berupa kepemilikan saham sebuah perusahaan. Jadi apabila peminjam dana memberikan kompensasi berupa kepemilikan saham, pastinya keuntungan yang kamu dapatkan akan jauh lebih besar. Apalagi jika perusahaan untung, keuntungan kamu juga bisa berkali-kali lipat dari modal atau dana yang kamu berikan.

Tapi sayangnya, dibalik keuntungannya yang menjanjikan, ternyata platform ini` juga bisa memberikan kerugian untuk para investor. Jadi sebelum menginvestasikan sejumlah uang melalui situs ini, sebaiknya kamu ketahui dulu kerugian apa saja yang akan kamu dapatkan:

3. Penipuan

Kerugian pertama adalah risiko penipuan. Jadi untuk kamu yang menanamkan sejumlah uang dengan sistem permodalan satu ini, kerugian bisa saja terjadi. Karena tidak ada yang tahu jika peminjam modal adalah orang-orang yang memiliki usaha. Platform seperti ini bisa dimanfaatkan sejumlah orang dengan membuat identitas palsu sehingga penipuan sangat mungkin terjadi.

4. Usaha Gagal

Dan kerugian selanjutnya adalah usaha yang gagal. Ini adalah risiko paling besar yang akan kamu hadapi saat berinvestasi semacam ini. Usaha yang dijalankan oleh peminjam dana bisa mengalami kegagalan dan investasi yang kamu keluarkan hilang sepenuhnya.

Investasi menggunakan skema ini memang menghasilkan keuntungan menarik buat para investor. Tapi risiko kegagalan juga besar. Jadi kamu bisa beralih ke investasi Peer To Peer Lending seperti Amartha. Sebagai informasi, jika kamu bergabung dengan Amartha, kamu akan mendapatkan untung hingga 15% di setiap tahunnya. Amartha juga terapkan equity crowdfunding OJK yang merupakan sistem pendanaan secara berkelompok. Cara ini akan membuat semangat gotong royong semakin kuat baik antara mitra ataupun antara pendana.